Pesona Danau Laet Sanggau, Surga Tersembunyi di Tanah Borneo

  • Whatsapp
Villa terapung di Danau Laet, Desa Subah, Kecamatan Tayan, Kabupaten Sanggau, Kalbar jadi destinasi wisata baru (Foto:net)
Pakons Hotel

Sanggau, InfoKalimantan – Pesona alam Kalimantan Barat (Kalbar) memang luar biasa. Salah satunya adalah Danau Laet, “surga” tersembunyi di Tanah Borneo yang berada di Kabupaten Sanggau. Keindahan alam yang alami membuat siapa pun yang mengunjungi danau ini akan dibuat kagum dengan pemandangan alam eksotis dan memesona.

Danau di Kecamatan Tayan Hilir ini memiliki 5 pulau kecil di tengah-tengahnya. Kelima pulau tersebut adalah Pulau Ambos, Songe, Penyaok, Nyetnyet dan Lambung.

Read More

Tak hanya sekedar dipandang, pulau-pulau kecil ini juga bisa dijangkau menggunakan perahu. Cukup menyewa perahu seharga Rp150 ribu dapat mengelilingi danau dan pulau-pulau.

Danau di perbatasan Malaysia ini juga memiliki hamparan pepohonan yang hijau. Pulau-pulau kecil di sekitarnya menjadi pemanis keindahan. Air yang jernih membuat berbagai spesies ikan nampak berkeliaran.

Memandang air danau yang tenang memberikan kedamaian bagi para pengunjung. Selain itu, keelokan danau ini semakin menawan dengan pemandangan kedua gunung yaitu Gunung Lait dan Gunung Tiong. Panorama gunung, danau dan gugusan pepohonan menjadi perpaduan indah yang memanjakan mata bagai lukisan.

Setiap sudut Danau Laet memang tak boleh dilewati begitu saja. Pada tepian danau, bisa menikmati rindangnya hutan bakau. Angin yang berhembus, udara segar yang dihirup setidaknya ampuh untuk menghilangkan penat sejenak.

Keindahan danau yang berjarak sekitar 80 KM dari kota Pontianak ini membuat siapapun akan terpesona akan keagungan Tuhan Yang Maha Esa. Danau dengan kedalaman 4,5 meter ini juga menjadi tempat pembuatan film “Tanah Surga Katanya”.

Tak hanya elok saat siang hari, danau ini juga terlihat eksotis untuk menikmati momen matahari pulang ke peraduan. Gradasi langit berwarna jingga, ungu dan warna danau yang biru membuat Danau Laet menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunset.

Sumber: berbagai sumber

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *