Wujudkan Smart City, Pemkot Singkawang Luncurkan Aplikasi SiHebat

  • Whatsapp
Peluncuran aplikasi layanan publik berbasis android SiHebat, di Atrium Singkawang Grand Mall, Sabtu (11/12/2021) (singkawangkota.go.id)
Pakons Hotel

Singkawang, InfoKalimantan – Sebagai upaya dalam mewujudkan Smart City, Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang meluncurkan aplikasi layanan publik berbasis android bernama “SiHebat”.

Aplikasi tersebut dikembangkan oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Singkawang. Melalui aplikasi ini, nantinya masyarakat dan Pemkot Singkawang akan lebih mudah dan cepat untuk saling bertukar informasi. Dengan cara menggunggah setiap informasi yang terjadi di kota berjuluk Seribu Kelenteng secara real-time.

Read More

Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie mengatakan, peluncuran ini merupakan salah satu perwujudan dari Singkawang Smart City. Maka dari itu, sebagai langkah awal, yang perlu dilakukan adalah dengan membangun smart branding melalui peluncuran aplikasi SiHebat.

“Kita harapkan kepada masyarakat Kota Singkawang, jika mau mengadukan hal-hal yang ingin disampaikan bisa melalui aplikasi ini. Contohnya pohon tumbang, jalanan macet, kerusakan jalan, kebakaran dan lain-lain,” ujar Tjhai Chui Mie, dilansir dari laman resmi Diskominfo Kota Singkawang, Senin (13/12).

Ia berpesan kepada semua perangkat daerah, camat dan lurah se-kota Singkawang untuk selalu memperbaharui semua kegiatan di instansi kerja masing-masing. Dengan begitu informasi tersebut dapat tersampaikan kepada masyarakat secara transparan.

“Contohnya, di Dinas Kesehatan selama masa pandemi ini. Misalnya, pemberitaan tentang jadwal dan lokasi pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan, sehingga masyarakat bisa dengan mudah untuk datang ke lokasi yang dimaksud. Mereka juga bisa mengetahui informasi tentang vaksin apa saja yang akan dipergunakan saat itu,” terang Tjhai Chui Mie.

Tjhai Chui Mie kembali mencontohkan, di Dinas Lingkungan Hidup, mereka bisa menginformasikan tempat pembuangan sampah (TPS) mana saja yang belum dibersihkan atau kondisinya sudah tidak bagus lagi. Kemudian, jika ada informasi terkait beberapa TPS-TPS yang dihilangkan, informasi ini perlu diunggah melalui aplikasi. Dengan demikian, masyarakat bisa tahu lokasi TPS yang dimaksud di mana dan alasannya kenapa.

Selain itu, Ia juga memohon kerjasama antara masyarakat dan seluruh OPD (Organisasi Perangkat Desa) untuk saling bahu-membahu mewujudkan Singkawang Hebat. Melalui pemanfaatan aplikasi SiHebat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Singkawang Evan Ernanda mengatakan, aplikasi ini menghadirkan fitur-fitur yang memberikan informasi seputar kegiatan Pemkot Singkawang, nomor aduan masyarakat, laporan warga, peta lokasi perkantoran dan lokasi kunjungan terpopuler hingga kuliner ternama.

“Aplikasi SiHebat ini juga menghadirkan fitur HOAX BUSTER yang berfungsi untuk menangkal isu-isu ataupun berita bohong yang meresahkan di Kota Singkawang,” kata Evan Ernanda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *