Jelang HUT ke-15, YSN Bangun Kelenteng Thian Wang Kiung di Singkawang

  • Whatsapp
YSN
Peletakan batu pertama pembangunan Kelenteng Thian Wang Kiung di Jl. Cong Longkong, Kelurahan Pangmilang, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalbar, Minggu (20/11/2022)/Foto:istimewa
Pakons Hotel

Singkawang, InfoKalimantan – Menjelang hari ulang tahun (HUT) ke-15, Yayasan Setia Negara (YSN) membangun Kelenteng Thian Wang Kiung di Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Peletakan batu pertama Kelenteng Tridharma ini berlangsung pada hari ini, Minggu (20/11/2022).

Menurut Ketua Umum YSN, Djong Hermanto, keberadaan Kelenteng Thian Wang Kiung menjadi sangat istimewa, karena merupakan kelenteng pertama di Indonesia, yang tuan rumahnya ‘Yang Mulia Si Da Tian Wang’.

Read More

“Tepat di tahun ini, dimana tinggal 10 hari lagi menuju hari ulang tahun Yayasan Setia Negara ke-15, pembangunan Kelenteng Thian Wang Kiung dimulai,” kata Djong Hermanto, dalam pidato sambutannya acara peletakan batu pertama Kelenteng Thian Wang Kiung.

Pada kesempatan itu, Djong Hermanto menceritakan mengenai YSN yang didirikan pada 30 November 2007. YSN berdiri dengan tujuan peduli terhadap sesama, melalui keagamaan (Buddha/Konghucu) aktif dalam kegiatan sosial.

“Beasiswa pendidikan untuk semua tanpa melihat perbedaan, membantu sesuai dengan kemampuan kami, bertujuan membantu anak berprestasi namun terkendala ekonomi,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, Kelenteng Thian Wang Kiung berdiri di atas tanah seluas 1 hektar yang berlokasi di Jl. Cong Longkong, Kelurahan Pangmilang, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang.

“Konsep design dan bentuk kelenteng dari Yang Mulia Dewa, kami manusia membantu mewujudkannya. Perlu waktu lama untuk mewujudkannya. Design baru rapi 8 bulan. Buat jalan, saluran air, dan lain-lain, perlu waktu lagi,” jelasnya.

“Dengan keindahan bangunan dan landscape keseluruhan, Kelenteng Thian Wang Kiung, selain sebagai tempat  ibadah, juga dapat dijadikan sebagai tempat wisata spiritual,” sambung Djong Hermanto.

Pihaknya berharap keberadaan kelenteng dapat menumbuhkan ekonomi di Kota Singkawang semakin maju dan berdampak positif untuk masyarakat sekitarnya.

“Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Kita diberi kesehatan sehingga bisa hadir di sini, dan diberi rahmat  dan kepercayaan membangun Thian Wang Kiung,” ucapnya.

Tak lupa pihaknya mengucapkan terima kasih atas kepada semua tamu undangan yang telah hadir dalam acara peletakan batu pertama Kelenteng Thian Wang Kiung.

“Akhir kata, seluruh pengurus Yayasan Setia Negara sekali lagi mengucapkan banyak terima kasih untuk para tamu undangan yang hadir, maupun yang berhalangan hadir, yang turut mendoakan kelancaran pembangunan kelenteng, dan juga kepada seluruh donatur internal yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu,” ucapnya.

Selain pengurus YSN, hadir dalam acara peletakan batu pertama, Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie, Wakil Ketua Komisi IV DPR-RI Daniel Johan, Ketua DPRD Kota Singkawang Sujianto, Dan Rindam XII/Tpr Kolonel Inf Jones Sasmita Muliawan, Kasdim 1202/Skw Mayor Inf Sugiyono, Wakapolres Singkawang Kompol Raden Real Mahenra dan Kepala Kantor Kemenag Kota Singkawang Muhlis Abdurrahman.

Hadir juga Ketua Dewan Pembina Perhimpunan Tionghoa Kalbar (PTK) Indonesia Tjhai Leonardi, Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kota Singkawang Stepanus, Ketua Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Kota Singkawang Atho, Ketua Yayasan Tri Dharma Bumi Raya Pemangkat Atong,Tim Sosial Bakmi Loncat dan tamu undangan lainnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *