Pemkot Pontianak Akan Jalin Kerjasama dengan IKN

  • Whatsapp
Pakons Hotel

Pontianak, InfoKalimantan – Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak, Ani Sofian, menegaskan pentingnya kerjasama antara Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak dan Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam upaya membangun kota yang lebih maju, hijau, dan berkelanjutan.

Menurutnya, kolaborasi tersebut menjadi kunci dalam mewujudkan visi IKN sebagai kota dunia yang inklusif bagi semua lapisan masyarakat, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN.

Read More

“Pontianak siap menjalankan peran strategisnya sebagai Ibu Kota Provinsi Kalimantan Barat dan mendukung visi IKN menuju kota dunia untuk semua,” ujarnya setelah mengikuti Rapat Koordinasi Nasional di Jakarta, Kamis (14/3/2024).

Ani Sofian juga menyampaikan bahwa Pemkot Pontianak telah melakukan berbagai langkah strategis, seperti peningkatan infrastruktur transportasi, pengembangan pusat-pusat ekonomi, serta promosi pariwisata, sebagai bentuk dukungan terhadap visi IKN.

“Langkah-langkah ini diharapkan dapat memperkuat posisi Kota Pontianak sebagai kota yang strategis dan berkontribusi besar terhadap visi IKN nantinya,” katanya.

Dengan semangat kolaborasi yang kuat, Ani Sofian yakin bahwa kerjasama antara Pemkot dan IKN dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat, memperkuat ekonomi lokal, serta menjadikan Kota Pontianak lebih kompetitif di tingkat global.

“Kota Pontianak diharapkan dapat memberikan kontribusi positif yang besar dalam upaya mewujudkan IKN yang inklusif, berdaya saing, dan berkelanjutan di masa depan sebagai kota dunia untuk semua,” tambahnya.

Ani Sofian juga menekankan pentingnya peran Pemda di wilayah Kalimantan dalam mewujudkan rencana pemindahan IKN ke Kalimantan Timur sebagai kota dunia. Peran tersebut mencakup perencanaan dan pengembangan infrastruktur, pengelolaan lingkungan, pemberdayaan ekonomi lokal, pembangunan sosial budaya, serta penataan tata ruang dan permukiman.

“Dengan komitmen dan kerjasama yang baik antara Pemda dan IKN, sektor swasta maupun masyarakat, saya yakin visi IKN sebagai kota dunia bisa terwujud,” pungkasnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *