Ekspor Buah Segar Kalimantan Barat ke Malaysia Meningkat

  • Whatsapp
Pakons Hotel

Entikong, InfoKalimantan – Ekspor buah-buahan segar ke Malaysia melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat meningkat. Peningkatan permintaan buah-buahan dari Malaysia terjadi sejak sebelum memasuki ramadhan.

“Kalau dilihat tren ekspor produk hortikultura yang tercatat melalui Stasiun Pelayanan di PLBN Entikong, sejak sepekan sebelum sampai ramadhan lebih banyak untuk jenis buah-buahan,” ungkap Herlin Noviana, Kepala Stasiun Pelayanan PLBN Entikong, Balai Karantina Ikan Tumbuhan Kalimantan Barat, Jumat (15/3/2024)

Read More

Jenis buahan-buahan segar yang diekspor, sebut Herlin, diantaranya semangka, jeruk, melon dan mangga. Kemudian, salak, nanas dan buah lokal musiman seperti durian.

“Selama satu pekan ini, untuk ekspor buah-buahan ke Malaysia seperti jeruk, semangka dapat mencapai dua sampai tiga ton. Begitu juga untuk buah lokal seperti durian dan langsat dalam satu hari bisa mencapai satu hingga tiga ton,” katanya.

Herlin memperkirakan, peningkatan volume ekspor buah-buahan ke Malaysia masih akan terjadi hingga Idulfitri mendatang. Sebab, permintaan buah-buahan dari negara tetangga sampai saat ini masih tinggi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *